cover
Contact Name
Roni Herdianto
Contact Email
roni.herdianto@um.ac.id
Phone
+6281555764640
Journal Mail Official
tekno.journal@um.ac.id
Editorial Address
Gedung G.4, Lantai 1 Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang Jln. Semarang No.5 Malang, Jawa Timur
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Tekno : Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan
ISSN : -     EISSN : 26864657     DOI : 10.17977
Core Subject : Engineering,
The Journal invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of electrical engineering, informatic engineering, and vocational education, and related topic are welcome
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 30, No 2 (2020)" : 8 Documents clear
Rancang Bangun Kunci Loker Otomatis Berbasis Raspberry Pi dan RFID untuk Meningkatkan Efisiensi Waktu Ricky Harbu Orbia; Raden Deiny Mardian; Lydia Sari
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 30, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um034v30i2p59-70

Abstract

Smart locker merupakan salah satu dari sekian banyak perkembangan teknologi saat ini yang terkait penyimpanan dan keamanan. Sistem penitipan barang konvensional pada umumnya membutuhkan proses yang memakan waktu seperti mencari loker yang kosong, memasukkan kunci, dan membuka kunci loker. Radio Frequency Identification (RFID) bekerja dengan mendekatkan antara tag dan reader sehingga sistem dapat bekerja secara otomatis, menjadikannya sebagai suatu solusi pilihan. Pada penelitian ini dikembangkan suatu sistem kunci loker otomatis yang dibuat dengan output berupa solenoid lock door yang berfungsi untuk membuka dan menutup loker otomatis dengan Raspberry Pi tipe B (RAM 512) dan pengiriman data berbasis RFID. Melalui pengujian dengan beberapa kondisi diperoleh catatan waktu di bawah 1 detik yang berarti sistem ini memberikan efisiensi dari segi waktu untuk membuka dan menutup kunci loker secara otomatis.
Program Analisis Tematik sebagai Alternatif Elektronik Assessment di Madrasah Ibtidaiyah Shofiyah Al Idrus
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 30, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um034v30i2p14-26

Abstract

Assessment dengan metode konvensional yang dilakukan oleh guru kelas Madrasah Ibtidaiyah dalam pembelajaran Tematik memiliki kendala utama pada pelaksanaan assessment yang tidak dapat dilakukan secara lengkap, detail, dan cepat, disebabkan banyaknya jumlah assessment dalam tema mata pelajaran Tematik yang berakibat pada banyaknya waktu yang harus dihabiskan guru dalam melakukan assessment. Peningkatan proses assessment dalam mata pelajaran Tematik dapat dilakukan dengan memanfaatan model elektronik assessment (e-assessment), yaitu program Analisis Tematik (ATIK). Program ATIK memberikan kemudahan pada guru kelas mata pelajaran Tematik dalam konten analisis hasil ujian dan kualitas soal. Kegiatan penelitian ini menggunakan metode dengan 3 (tiga) pendekatan, yaitu: (1) pendekatan personal, (2) sosialisasi, dan (3) pelatihan dengan subjek penelitian Madrasah Ibtidaiyah KH. Hasyim Asy’ari. Hasil penelitian yang dilakukan dengan program ATIK mampu membantu guru kelas mata pelajaran Tematik dalam melakukan assessement dengan pemanfaatan inovasi menu program analisis ujian dengan sub menu rekam ujian dan cetak. Menu tersebut dapat bermanfaat bagi guru kelas untuk memutuskan siswa yang tuntas dan tidak dalam proses pembelajaran serta soal yang dapat digunakan dan tidak dalam ujian secara otomatis. Menu cetak bermanfaat dalam perekaman nilai yang dikelompokkan berdasar tema dan sub tema pada mata pelajaran Tematik. 
Monitoring Debit Air Pada Pipa Menggunakan Ultrasonic Flowmeter Berbasis Internet of Things (IoT) Zaenur rohman
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 30, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um034v30i2p71-84

Abstract

Pengukuran dan monitoring debit air pada media pipa telah banyak dilakukan. Pengukuran debit air dapat menggunakan sensor supaya data dapat lebih mudah dibaca dan memungkinkan dapat dimonitoring dari jarak jauh menggunakan jaringan internet. Penggunaan sensor debit air jenis insersi atau penyambungan langsung dengan pipa merupakan teknik yang kurang praktis serta hasil pengukurannya kurang akurat. Pengukuran dan monitoring debit aliran air pada pipa telah dilakukan menggunakan modul UFM TUF-2000M yang diintegrasikan dengan beberapa perangkat modul elektronik. Beberapa modul elektronik tersebut yaitu arduino mega2560, modul RS458, modem SIM800L, modul RTC dan juga LCD 20x4. Debit air diukur menggunakan UFM TUF-2000M dan selanjutnya bersama dengan data waktu dari RTC dikirimkan ke webserver melalui modem sim800L yang terkoneksi dengan internet. Performa sistem ini dapat memonitoring debit air dengan baik melalui halaman website dengan tampilan grafik maupun tabel. Pengujian dilakukan menggunakan model pembacaan dan monitoring debit aliran air pada pipa. Pembacaan data debit air pada resgister momory TUF-2000M oleh kontroler dengan nilai error sebesar 0,0 %. Pada model pengujian monitoring sistem dapat menampilkan data debit air dalam bentuk grafik secara relatime. Selain itu data debit air yang telah disimpan dalam database dapat ditampilkan dalam bentuk tabel dan juga grafik.
Pengembangan Mobile Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Polymorphism Siswa Kelas XI Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri 2 Singosari Lazuardy Syahrul Darfiansa
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 30, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um034v30i2p27-40

Abstract

Pengembangan mobile learning penggunaan media sebagai alat bantu belajar dengan memanfaatkan gadget yang dimiliki peserta didik. Dapat mempermudah dan menarik keinginan peserta didik dalam mempelajari suatu materi. Peserta didik mengalami kesulitan materi Polymorphism karena belum optimalnya media pembelajaran yang digunakan saat proses pembelajaran dalam bentuk buku cetak dan handout yang tidak interaktif sehingga kurang menarik minat peserta didik dalam mempelajari materi. Mobile learning merupakan salah satu alternatif masalah tersebut karena terdapat banyak multimedia dan evaluasi materi yang dapat menarik minat dalam mempelajari materi untuk menunjang proses pembelajaran Oleh karena itu mengembangkan sebuah mobile learning merupakan solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pengembangan media pembelajaran menerapkan model ADDIE.Hasil validasi ahli media menunjukkan bahwa 93,48% media pembelajaran sangat valid dan berdasarkan ahli materi 91,06% media pembelajaran sangat valid untuk digunakan dalam pembelajaran. Pada proses pelaksanaan uji coba perseorangan hasilnya menunjukkan bahwa media pembelajaran 80,73% cukup valid, melalui uji kelompok kecil diketahui bahwa 86,17% sangat valid, dan hasil proses pelaksanaan uji coba lapangan menunjukkan bahwa media pembelajaran 88,83% sangat valid. Hasil peningkatan pemahaman konsep menunjukkan bahwa rata-rata peserta didik mampu mencapai nilai minimal yang telah ditentukan. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis mobile layak untuk digunakan di dalam pembelajaran.
Rancang Bangun Sistem Informasi Laboratorium Teknik Elektronika dan Prediksi Usulan Bahan Habis Pakai Praktikum Menggunakan Algoritma Artificial Neural Network Backpropagation Hera Susanti
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 30, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um034v30i2p85-101

Abstract

Laboratorium Teknik Elektronika Politeknik Negeri Cilacap bertugas untuk menyediakan sarana dan prasarana untuk mendukung seluruh kegiatan pengajaran dan penelitian pendidikan vokasi dilingkup kampus. Dalam pelaksanaan kegiatan di laboratorium, terdapat pengelola laboratorium yang bertanggung jawab dalam kegiatan administrasi laboratorium. Pengelolaan laboratorium mencakup pengolahan inventaris laboratorium yang meliputi peralatan laboratorium dan Bahan Habis Pakai (BHP). Oleh karena itu, dibangun sebuah sistem informasi yang dapat membantu mengelola laboratorim sekaligus melakukan prediksi terhadap bahan habis pakai yang akan diusulkan selanjutnya. Perancangan sistem informasi yang dibangun menggunakan UML (Unfied Modeling Language)  sebagai alat untuk menganalisa dan desain, dan untuk implementasinya menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL, dan framework Bootstrap, serta untuk memprediksi usulan pengadaan BPH menggunakan Artificial Neural Network (ANN) dengan algoritma Backpropagation. Pengujian sistem menggunakan Usability Testing serta Functional Testing. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah sistem dapat berjalan sesuai dengan kegunaan dan fungsinya masing-masing, dan nilai root mean squared error adalah 6.409 +/- 0.000 dan squared error adalah 41.071 +/- 165.081 untuk memprediksi usulan BHP selanjutnya.
Implementasi Kontroler Logika Fuzzy sebagai Soft Starting Motor BLDC di Sepeda Listrik Hendi Purnata; Sugeng Dwi Riyanto; Muhamad Yusuf
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 30, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um034v30i2p41-51

Abstract

Saat ini, sepeda diakui secara internasional tidak hanya sebagai bentuk rekreasi tetapi juga sebagai sarana transportasi perkotaan dan promotor kesehatan yang baik. Sepeda listrik adalah alat transportasi yang memadukan manfaat dan Kesehatan dari sepeda konvensional dengan keunggulan kendaraan bermotor. Telah kita ketahui juga kendaraan listrik saat pertama kita diberikan tegangan/gas oleh pengemudi terdapat gaya tarik yang kuat atau bisa dikatakan ciri khas dari motor listrik yang mana tarikan tersebut merupakan lonjakan arus yang diberikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatasi lonjakan arus saat starting, lonjakan tersebut berbahaya dikarenakan dapat mengurangi umur pada motor listrik. Peneliti merancang mekanisme soft starting pada motor BLDC (Brushless DC) dengan cara merancang algoritma kontroler logika fuzzy dan pensaklaran enam tahapan pada rangkaian inverter. Hasil menunjukan bahwa lonjakan arus saat starting sebesar 4,42 Ampere. Kecepatan motor BLDC saat throttle full kecepatan menunjukan 332 rpm dengan respon transient masing-masing sistem sebesar 1.5 s. Ketika diberikan set point kecepatan berubah-ubah, putaran motor BLDC dapat mengikuti yaitu sebesar 88 rpm menuju 180 rpm, kemudian naik sebesar 258 rpm dan puncak sebesar 331 rpm, kemudian turn ke 25 rpm dan terakhir sebesar 145.8 rpm. Saat respon transien sistem layaknya seperti sistem step orde dua, tidak ada overshoot tetapi masih ada osilasi saat mau menuju steady state.
Algoritma MPPT Panel Surya Ketika Kondisi Berbayang Menggunakan Teknik Randomisasi Perturb & Observed Sias, Quota Alief
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 30, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um034v30i2p52-58

Abstract

Perturb and Observe (P&O) adalah teknik Maximum Power Point Tracking (MPPT) yang sangat populer dan telah diterapkan secara luas di berbagai industri atau penelitian untuk sistem panel surya. Teknik ini memiliki banyak kelebihan pada proses penemuan Maximum Power Point (MPP). Ketika kondisi berbayang, panel surya memiliki beberapa MPP yang disebut solusi lokal dan satu nilai terbesar adalah solusi global sebagai nilai MPP yang sebenarnya. Sumber daya panel surya menghasilkan daya paling besar ketika beroperasi pada solusi global. Teknik P&O ternyata terjebak pada solusi lokal dan tidak dapat melacak MPP yang sebenarnya. Makalah ini mengusulkan modifikasi sederhana dari teknik P&O yang disebut algoritma Randomisasi P&O (RP&O). Teknik ini telah disimulasikan dalam kondisi normal dan berbayang dan dibandingkan dengan teknik P&O. Algoritma RP&O yang diusulkan ternyata dapat melacak MPP yang sebenarnya dan memiliki kinerja yang lebih baik daripada teknik asli P&O.
Pengembangan Modul Pembelajaran Animasi 2D dan 3D Bermuatan Model Pembelajaran Project-Based Learning untuk Siswa SMK Kompetensi Keahlian Multimedia Andisa Talenta Oktaviani
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 30, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um034v30i2p1-13

Abstract

Ditemukannya kesalahan penyampaian materi pelajaran Animasi Digital Puppeteer secara tidak langsung disebabkan oleh pelaksaan program prakerin selama 1 tahun di SMK. Hal tersebut karena adanya pemadatan pembelajaran yang berdampak pada pemberian materi dimana seharusnya diberikan selama 2 semester menjadi 1 semester saja. Terbatasnya waktu pembelajaran tersebut membuat beberapa materi pelajaran tidak tersampaikan kepada siswa. Hal tersebut juga dipicu dengan belum adanya bahan ajar yang mendukung pembelajaran yang dipadatkan akibat pelaksanaan praktik kerja industri selama 1 tahun. Melihat permasalahan tersebut membuat pengembangan sebuah modul pembelajaran pada mata pelajaran Animasi 2D dan 3D bermuatan project-based learning untuk mendukung pelaksanaan praktik kerja industri selama 1 tahun merupakan solusi yang dapat dilakukan dalam mengatasi permasalahan yang ada. Hasil pengujian kelayakan menunjukkan bahwa modul pembelajaran valid dimana hasil uji kelayakan oleh ahli media menunjukkan bahwa 95,14% modul sangat valid serta dilihat dari hasil uji kelayakan oleh ahli materi menunjukkan bahwa 97,14% modul sangat valid untuk digunakan dalam pembelajaran. Pada uji coba yang melibatkan siswa menunjukkan bahwa melalui hasil uji coba perseorangan dapat diketahui bahwa 94,17% modul pembelajaran yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Selain itu melalui hasil uji coba kelompok kecil dapat diketahui bahwa modul pembelajaran 85,18% sangat layak untuk digunakan, begitu juga hasil uji coba pemakaian menunjukkan bahwa modul pembelajaran 87,45% sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan data yang telah didapatkan tersebut dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran animasi 2D dan 3D bermuatan project-based learning sangat layak untuk dijadikan referensi dan digunakan didalam proses belajar Animasi 2D dan 3D.

Page 1 of 1 | Total Record : 8